Minggu, 15 September 2019

JARAN KONYONG HIBUR WARGA DESA SENTUL


Minggu, 15 September 2019. Warga Dusun Krajan Rw 02 punya hajat yaitu JARAN KONYONG. Jaran ini Kesenian khas asli Lumajangan, Kesenian yg menyerupai jaran kancak, kalau jaran kencak kudanya asli. Sedangkan Jaran Konyong menyerupai kuda tapi bukanlah kuda sungguhan. Kesenian ini Yg dimiliki oleh pimpinan Bpk. Rumi warga Purworejo dan tak disangka pemainnya rata-rata pemainnya warga Desa Sentul sendiri. 
Acara ini dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74
Acara yg dimulai malam hari jam 19.00 WIB sampai selesai.  yg ditampilkan  :
Penampilan pertama Topeng topeng madura glangsaran yg terdiri dari 4 penari bisa lebih, yg memakai topeng dan diiringi lagu Madura. Dan jaran kembar yg diperagakan oleh 2 orang mnyerupai kuda diiringi lagu Banyuwangian, ketiga jatilan jaran kepang yg terdiri dari 4 pemain dengan kuda buatan dari anyaman bambu.


" Kesenian tradisional ini selain menghibur masyarakat desa yaitu memperkenalkan kepada warga dan anak-anak muda untuk mengenal kesenian asli madura yg di populerkan warga sentul dan sekitarnya dan perlu dilestarikan kesenian seperti ini " ucap kades sentul.
"Lucu acaranya karena budayae wong meduro kudu dilestarekne karo seng nabuh kenung karo seng joget podo tuwek - tuwek," ucap salah satu warga setempat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar